Jumat, 07 Juni 2013

pantai Nampu, Wonogiri


 

 Pantai Nampu adalah pantai di Wonogiri yang mempunyai pasir putih dan alami. Pantai di laut selatan ini seperti mutiara putih yang tersembunyi di ujung selatan Wonogiri. Pantai ini berlokasi di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito. Jarak tempuh dari Wonogiri ke pantai ini sekitar 70 km dan butuh sekitar 2 jam untuk sampai di tempat wisata. Deburan ombak biru yang beradu keras dengan karang-karang putih menjadi salah satu titik keindahan yang dimiliki pantai ini. Pantai Nampu memiliki sekitar 3 lokasi pantai yang dipisahkan oleh gundukan daratan hijau.
Rute perjalanan dapat wisatawan tempuh dari Kecamatan Ngadirojo menuju Kecamatan Baturetno, Giriwoyo, Giri Tontro, Perempatan Giri Belah, dan Paranggupito. Jika wisatawan berasal dari Surakarta dapat mengambil jalur Kota Wonogiri ke Paranggupito. Kemudian setelah sampai di perempatan Giri Belah, perjalanan diteruskan ke Kecamatan Paranggupito. Pantai ini memiliki potensi wisata yang begitu luar biasa. Jika Anda datang pada hari-hari kerja, kemungkinan besar akan mendapatkan Pantai Nampu dalam keadaan sepi seolah pantai ini milik pribadi. Ya, Nampu memang belum begitu dikenal, hanya ramai pada hari-hari tertentu.
Pantai Nampu belum dikelola secara maksimal oleh dinas pariwisata. Hal ini ditunjukkan belum adanya karcis masuk dari dinas pariwisata. Selama ini karcis masuk hanya dikelola karang taruna dan kelurahan. Karcis masuk pun hanya ditarik ketika hari berkunjung ramai, seperti hari Minggu dan hari libur. Begitu pula dengan aturan parkir. Masalah pakiran juga diurus karang taruna dan kelurahan. Menurut tukang parkir pantai Nampu, hasil dari karcis dan parkir dibagi menjadi tiga yakni untuk petugas, kas karang taruna dan kelurahan.

 Untuk kuliner tak perlu khawatir. Di Pantai ini Anda dapat menikmati es kelapa muda dengan gula dari nira. Kelapa tersebut diambil langsung oelh penduduk setempat dari pohon di sekitar pantai. Untuk makanan, menu utama yang tersedia hanyalah mie. Jadi, bagi Anda yang tidak suka makanan mie harus siap-siap membawa masakan sendiri dari rumah. Ingin merasakan keindahan yang lebih dari pantai ini, termasuk sunset dan sunrise? Anda bisa kemping di bukit-bukit sekitar pantai. Suasana malam hari dengan kerlap-kerlip perahu nelayan yang mencari ikan bisa Anda nikmati. Pantai Nampu bisa jadi alternatif buat Anda yang masih bingung menentukan destinasi wisata untuk akhir pekan. Dijamin, pantai ini bisa memuaskana Anda dengan panorama pasir putih di ujung selatan Wonogiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar